Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Mulai

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia ala BFI Finance

1.Bali
Tempat wisata di Indonesia yang mendunia yang pertama tidak lain adalah Bali. Sudah ratusan penghargaan yang didapatkan Bali sebagai destinasi wisata terbaik dan favorit dari kancah internasional. Baru-baru ini, Bali masuk kedalam Top 4 Travelers’ Choice Awards 2022 Most Popular Destinations dari Tripadvisor. Berbicara mengenai Bali memang tidak ada habisnya. Selalu ada tempat wisata yang baru setiap tahunnya. Dari wisata alam hingga budaya, Bali memilikinya semua. Beberapa ikon wisata Bali yang terkenal yaitu Tanah Lot, Seminyak, Pura Luhur Uluwatu, Ubud, Danau Bedugul, dan masih banyak lagi.

Jika Anda menyukai wisata alam, Anda patut mencoba mengunjungi Pulau Nusa Penida. Untuk menuju Pulau Nusa Penida, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit dari daratan utama Bali. Anda dapat menyaksikan berbagai pantai pasir putih yang menakjubkan. Diantaranya adalah Pantai Diamond, Pantai Atuh, Pantai Crystal Bay, dan Pantai Kelingking yang ikonik, yang daratannya berbentuk menyerupai Tyrex.

2. Taman Nasional Komodo
Tempat wisata di Indonesia selanjutnya adalah Taman Nasional Komodo. Sesuai dengan namanya, pulau ini merupakan habitat kadal purba raksasa Komodo yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Pulau Komodo terdiri dari tiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Taman Nasional Komodo terletak di ujung paling barat provinsi Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya dapat menyaksikan hewan prasejarah Komodo saja, terdapat beberapa destinasi wisata lainnya di Kawasan Taman Nasional Komodo yang menarik untuk dikunjungi. Antara lain Labuan Bajo, Pink Beach, Wisata Budaya Kampung Melo, dan snorkeling di Pulau Manjarite. Di Labuan Bajo, terdapat salah satu resort terkenal yang didesain mirip seperti Santorini, Yunani. Selain itu, Anda dapat melakukan trip menggunakan cruise untuk menikmati keindahan jajaran Kepulauan Komodo dari atas laut.

3. Taman Nasional Bunaken
Tempat wisata di Indonesia yang satu ini menyajikan keindahan biota lautnya yang sungguh menakjubkan. Yap, Taman Nasional Bunaken yang terletak di provinsi Sulawesi Utara. Sama seperti Bali, Taman Nasional Bunaken sudah lama menjadi primadona wisata Indonesia. Diresmikan sejak tahun 1991, Kawasan Taman Nasional Bunaken memiliki luas mencapai 89.065 hektare. Kawasan ini meliputi lima pulau utama yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Naen, Pulau Mantehage, dan Pulau Siladen.

Tidak heran jika Taman Nasional Bunaken memiliki keanekaragaman biota laut yang kaya karena terletak di area pusat Segitiga Terumbu Karang yang membentang di perairan Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste. Terdapat kurang lebih 390 spesies terumbu karang, 2.000 spesies ikan karang, 200 spesies moluska, dan 8 spesies mamalia laut pada Kawasan Taman Nasional Bunaken. Wah, banyak sekali ya? Dari Kota Manado menuju Bunaken hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit saja! Yuk ke Bunaken!

5. Derawan
Berbicara mengenai pantai dan keanekaragaman dunia bawah laut, Indonesia memang tidak ada habisnya. Tempat wisata di Indonesia kali ini letaknya di ujung utara Indonesia tepatnya di Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Destinasi wisata tersebut bernama Kepulauan Derawan. Daya tarik utama Kepulauan Derawan ini tentunya sajian pantai pasir putih yang luas dan taman bawah lautnya. Terdapat empat pulau utama dari gugusan pulau Derawan yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban. Di Pulau Maratua, Anda dapat menyaksikan keindahan birunya laut, melakukan diving dan snorkeling, serta menelusuri Gua Halo Tabung. Sementara itu, di Pulau Kakaban Anda dapat berenang bersama ubur-ubur yang tidak menyengat, tepatnya di Danau Air Payau! Yang tidak kalah menarik, Pulau Derawan memiliki destinasi wisata Danau Labuan Cermin. Dari namanya, pasti Anda sudah dapat menebak karena airnya sangat jernih yang bahkan dapat digunakan untuk bercermin. Menarik bukan?

4. Raja Ampat
Selain Bunaken, tempat wisata di Indonesia yang memiliki keanekaragaman biota laut yang menakjubkan yaitu Raja Ampat, yang terletak di Provinsi Papua Barat. Raja Ampat merupakan salah satu Kawasan 10 Bali Baru yang dicanangkan pemerintah Indonesia sejak tahun 2015. Tujuan didirikan 10 Bali Baru tidak lain untuk memeratakan potensi wisata yang ada Indonesia yang tidak hanya berpusat di Bali saja. Pemilihan Raja Ampat sebagai destinasi 10 Bali Baru memang tidak salah. Permata dari Timur adalah julukan yang tepat untuk Kawasan wisata Raja Ampat. Bagaimana tidak, Anda akan disajikan oleh beningnya air laut dan pantai pasir putih yang masih alami. Saking bersihnya udara di Kawasan Raja Ampat, Anda dapat menyaksikan hamparan bintang yang terang bersinar pada malam hari.

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Bagi pecinta diving dan snorkeling, Raja Ampat adalah surganya. Tidak heran, Raja Ampat merupakan surga bagi 75% spesies karang yang ada di dunia, berdasarkan data dari The Nature Conservancy and Conservation International. Terdapat kurang lebih 1.318 spesies ikan, 699 spesies moluska, dan 537 spesies terumbu karang tersebar di kedalaman laut Raja Ampat. Tahun 2023 menuju Raja Ampat?

6.Wakatobi
Satu lagi kekayaan biota laut Indonesia dapat ditemukan di Kepulauan Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. 750 dari 820 jenis karang di dunia dapat ditemukan di Wakatobi, lho! Karena potensi tersebut, pantaslah Wakatobi ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Bumi Ke-8 di Indonesia oleh UNESCO pada tahun 2012. Kepulauan Wakatobi terbagi menjadi empat pulau utama yaitu Pulau Binongko, Pulau Tomia, Pulau Kaledupa, dan Pulau Wangi-wangi. Layaknya di Pantai Lovina, Bali, jika Anda berkunjung ke Pulau Wangi-wangi tepatnya di Pulau Kapota, Anda dapat menyaksikan atraksi dari puluhan lumba-lumba yang berenang dengan cantiknya di perairan tersebut. Tidak lupa untuk mencicipi kuliner lokal Wakatobi ya, Sobat BFI. Adalah Kasuami yang merupakan tumpeng berbahan dasar singkong dan memiliki warna putih kekuningan. Lengkap rasanya bila disandingkan dengan santapan ikan bakar dan sambal colo-colo. Yum!

7. Gili Trawangan
Tempat wisata di Indonesia selanjutnya yaitu berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya di Pulau Lombok. Yap, Gili Trawangan! Gili Trawangan terletak di Lombok bagian barat berdekatan dengan Pulau Bali. Gili Trawangan telah menjadi primadona pariwisata Lombok sejak lama. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Gili Trawangan yaitu snorkeling, menyelam di habitat Hiu, menaiki delman khas Lombok, atau hanya menikmati indahnya pantai sah-sah saja. Jangan lupa menikmati kuliner khas plencing kangkung dan Nasi Balapnya ya!

8. Bukit Warinding, Waingapu
Terletak di bagian timur Indonesia, Bukit Warinding harus menjadi to-do-list wajib Anda ketika mengunjungi Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata di Indonesia yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Karena Bukit Warinding menyajikan pemandangan bukit yang sungguh magis! Warna bukit akan berbeda seiring dengan bergantinya musim. Jika musim kemarau, warnanya akan menjadi semi coklat. Sementara, jika musim hujan tiba akan berubah menjadi hijau menyegarkan.

Tidak hanya pemandangan bukit, Pulau Sumba juga menawarkan tempat wisata alam lainnya yang dapat menjadi tempat healing! Kunjungilah Danau Weekuri yang berada di barat Pulau Sumba. Danau Weekuri memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga Anda dapat mengapung dengan mudah diatasnya. Menarik bukan?

9. Pulau Tanjung Pandan
Apakah Anda ingat dengan pantai yang memiliki komposisi bebatuan yang cantik dalam film Laskar Pelangi? Yap, Pulau Tanjung Pandan adalah tempatnya. Kesuksesan film Laskar Pelangi menimbulkan efek positif bagi pariwisata Provinsi Bangka Belitung khususnya. Sepanjang Pulau Tanjung Pandan terdapat beberapa pantai yang memiliki kontur bebatuan seperti Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Penyabong. Tidak jauh dari Pulau Tanjung Pandan, terdapat Pulau Lengkuas yang tidak kalah cantiknya dan menawarkan pemandangan laut biru lepas dengan pasir putih yang halus. Masih di Pulau Lengkuas, juga terdapat Mercusuar bekas peninggalan pemerintahan Belanda pada tahun 1882. Meskipun sudah berumur tua, mercusuar tersebut masih dapat digunakan dengan baik. Datanglah ke Pulau Lengkuas diantara bulan Maret hingga November, karena cuaca sedang baik dan memiliki ombak yang cenderung tenang.

10. Lombok Mandalika
Nah, ini dia tempat wisata yang sedang naik daun belakangan ini. Yap betul, Kawasan Lombok Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Seperti yang Anda ketahui, Indonesia telah memiliki sirkuit MotoGP bertaraf Internasional di Kawasan Lombok Mandalika. Kawasan ini juga merupakan destinasi 10 Bali Baru dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan utama Indonesia dari sektor pariwisata. Selain sirkuit MotoGP yang memiliki pemandangan pantai yang indah, Kawasan Lombok Mandalika juga menyajikan wisata budaya melalui Desa Sade dan Desa Ende. Di kedua desa tersebut, Anda dapat menyaksikan proses pembuatan kain tenun songket yang bernilai jutaan rupiah dan penampilan tarian adat yang menarik dan menghibur. Perut lapar setelah travelling seharian? Anda patut mencoba kuliner khas Lombok yang menggugah selera yaitu Ayam Taliwang dan Sate Bulayak.

11. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Selain wisata lautnya, Indonesia memiliki wisata gunung yang tak kalah menariknya. Adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang terletak di provinsi Jawa Timur. Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan tempat bertemunya enam gunung berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Watangan, dan Gunung Widodaren. Namun, dari keenam gunung berapi tersebut, Gunung Semeru dan Gunung Bromo lah yang masih aktif. Daya tarik yang dimiliki Kawasan TNBTS ini adalah hamparan pasir hitam yang membentang luas sepanjang 10 km, menyaksikan matahari terbit, dan tentunya keanekaragaman flora dan faunanya. Terdapat kurang lebih 38 jenis satwa liar yang dilindungi oleh pemerintah di Kawasan TNBTS ini diantaranya Elang Jawa, Macan Tutul Jawa, dan Lutung Jawa. Jika Anda menyukai mendaki gunung, tentunya tempat wisata di Indonesia yang satu ini sangatlah cocok bagi Anda!

12. Gunung Rinjani
Provinsi Nusa Tenggara Barat rupanya tidak hanya menyajikan keindahan pantainya saja, melainkan wisata alam gunung juga dapat ditemui! Yap, jika Anda menyukai pendakian gunung, berkunjunglah ke Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi keenam di Indonesia. Dari keatasan, Anda dapat memandangi birunya lautan, persawahan yang tertata dengan rapi, serta semburat awan yang indah. Pada ketinggian 2.000 mdpl, Anda dapat menemukan Danau Segara Anak yang juga menjadi spot favorit pendaki untuk singgah. Banyak juga lho pendaki yang memancing di Danau Segara Anak ini, karena didalamnya terdapat Ikan Mas dan Mujair.

13. Danau Toba
Beralih ke bagian barat Indonesia yaitu dari Kepulauan Sumatera. Tepatnya di provinsi Sumatera Utara, Indonesia memiliki salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Ialah Danau Toba. Terbentuknya Danau Toba diperkirakan berasal dari letusan dahsyat gunung berapi Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Dari letusan tersebut, terbentuklah kawah seluas 1.145 km2 dan mempunyai kedalaman 450 meter yang saat ini bernama Danau Toba. Di tengah Danau Toba terdapat pulau berpenghuni yaitu Pulau Samosir yang juga menjadi daya tarik utamanya. Danau Toba juga merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang memiliki histori dan mitos yang kental. Salah satunya yaitu mengenai mitos Ikan Mas yang menjadi penghuni danau selama ratusan tahun. Konon Ikan Mas ini berukuran 5 hingga 8 meter dan tidak boleh ada yang menangkapnya. Jika kedapatan menangkapnya, penduduk setempat percaya akan muncul bencana yang datang menghampirinya.

14. Pulau Morotai
Tempat wisata di Indonesia kali ini datang dari Kepulauan Maluku Utara. Pulau Morotai merupakan pulau yang bersejarah bagi Indonesia. Karena di Pulau Morotai didirikan Monumen Trikora yang berisi perjuangan tentara Indonesia dalam membebaskan Irian Barat pada masanya. Selain itu, ternyata Pulau Morotai menjadi basis militer Perang Dunia Ke II lho, saat terjadinya pertempuran antara Amerika Serikat melawan Jepang. Sehingga, banyak ditemukan benda bersejarah peninggalan Perang Dunia Ke II di Pulau Morotai, yang kini diabadikan dalam Museum Perang Dunia Ke II.

Tidak hanya bersejarah, tentunya Pulau Morotai kaya akan potensi wisata baharinya. Datanglah ke Pulau Dodola, dimana terdapat jembatan alami yang terbuat dari pasir putih yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Masih banyak terdapat spot-spot menarik lainnya di Pulau Morotai yang wajib untuk dikunjungi yaitu Pulau Tabaelenge, Pulau Kolorai, Pantai Tanjung Gorongo, dan Air Terjun Raja.

15. Yogyakarta
Jogja Istimewa” adalah slogan yang dimiliki oleh Kota Yogyakarta. Memang benar adanya, istimewa merepresentasikan keunikan dan kehangatan budaya yang dimilikinya. Jalan Malioboro, Museum Ullen Sentalu, Tebing Breksi, adalah secuil destinasi wisata yang dimiliki Yogyakarta. Selain menawarkan destinasi yang menarik, Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang unggul dalam hal kuliner. Adakah Sobat BFI disini yang menyukai gudeg dan bakpia? Atau pernahkah Anda mencoba Kopi Jos yang disajikan dengan arang di pinggirian Jalan Maliboro dan oseng merconnya? Semuanya yang autentik hanya ada di Yogyakarta.

16. Kawah Ijen
Berdekatan dengan Bali, provinsi Jawa Timur juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan. Terletak di Kabupaten Banyuwangi, terdapat kawah belerang dengan diameter 700 m dan luas 5.466 hektar yang bernama Kawah Ijen. Kawah Ijen memiliki tingkat keasaman hingga titik nol, sehingga dapat melarutkan dengan mudahnya benda apa saja yang masuk kedalamnya. Karena tingkat keasaman yang dimilikinya berbaur dengan pancaran sinar matahari, membuat warna kawah ijen menjadi berwarna hijau tosca yang sangat cantik. Menikmati pemandangan matahari terbit dari Kawah Ijen juga merupakan salah satu yang terbaik. Datanglah pada bulan Agustus, karena matahari akan terlihat lebih jelas. Dan yang tidak boleh luput dari list tentunya fenomena api biru Kawah Ijen! Karena di dunia, fenomena api biru hanya dapat ditemukan di Indonesia dan Islandia saja. Fenomena api biru terjadi karena pertemuan antara zat belerang yang menguap di udara dengan oksigen. Fenomena unik tersebut dapat disaksikan mulai dari dini hari mulai pukul 01.00 hingga 05.00. Datanglah diantara bulan Juli hingga September, karena api biru akan terlihat lebih jelas dan besar.

17. Ngarai Sianok
Tempat wisata di Indonesia yang satu ini menyajikan panorama tebing-tebing tinggi nan cantik diiringi dengan gemuruh aliran sungai yang menyegarkan. Terletak di Bukittinggi, provinsi Sumatera Barat, Ia adalah Panorama Ngarai Sianok. Ngarai Sianok membentang sejauh 15 km dengan kedalaman tebing mencapai 100 m dan lebar celah hingga 200 m. Selain berfoto ria, aktivitas yang dapat dilakukan di area Ngarai Sianok yaitu trekking, bersepeda, atau hanya sekedar berjalan kaki santai tentu tidak menjadi masalah. Karena udara yang disajikan sungguh sejuk dan bersih, Ngarai Sianok adalah tempat yang cocok untuk melepaskan penat dan mengembalikan energi Anda kembali.

18. Danau Tiga Warna
Danau tiga warna atau juga dikenal dengan Danau Kelimutu terletak di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ketiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda dan terletak dipuncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.690 mdpl. Dengan potensi wisata alam yang dimilikinya, membuat Gunung Kelimut adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki kawah dengan tiga warna yang berbeda. Danau tersebut ada yang berwarna biru kehitaman, hijau tosca, dan hitam kecoklatan. Danau dengan warna biru kehitaman berwarna Tiwu Ata Mbupu, danau dengan warna hijau tosca bernama Tiwu Nuwa Muri Koo, dan danau berwarna hitam kecoklatan berwarna Tiwu Ata Polo. Atas keunikannya tersebut, pemerintah Indonesia sempat menjadikannya ornamen dalam mata uang rupiah pecahan 5.000 yang terbit pada tahun 1992. Namun, dibalik keindahannya, Danau Kelimutu tidak dapat dijadikan tempat berenang ya Sobat BFI, karena berisi air yang sangat panas dan mengandung zat belerang yang berbahaya

19. Candi Borobudur
Dari wisata alam, kita beralih ke wisata budaya. Ialah Candi Borobudur yang merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang kental dengan sejarah. Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia yang memiliki luas 123 m2 dengan susunan 504 patung budha dan 2.672 panel relief. Karena sejarah dan latar belakang yang dimilikinya, Candi Borobudur mendapat gelar situs warisan dunia dari UNESCO sejak tahun 1991. Akses menuju Candi Borobudur tergolong mudah. Kota besar terdekat dengan Candi Borobudur yaitu Yogyakarta dan Semarang. Jika Anda menggunakan transportasi udara, baiknya Anda mendarat di salah satu kota besar tersebut dilanjutkan dengan menggunakan transportasi darat. Akomodasi di sekitar Candi Boroudur juga cukup bervariasi, mulai dari hotel bintang 1 hingga bintang 5. Ayo ke Borobudur!

20. Tana Toraja
Beralih ke tanah Sulawesi, tepatnya di provinsi Sulawesi Selatan. Tempat wisata di Indonesia yang satu ini terkenal dengan budayanya yang unik dan memiliki nuansa magis yang kental. Tepatnya di Tana Toraja, 329 km dari Kota Makassar, Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Daya tarik utama Tana Toraja yaitu terletak pada tradisi pemakaman yang ditempatkan pada tebing batu Goa Landa. Selain disemayamkan pada tebing batu, tana toraja memiliki tradisi pemakaman unik lainnya seperti kuburan gantung, kuburan batu liang, kuburan pohon passiliran, dan kuburan pattane.

Tentunya tidak hanya itu daya tarik yang dimiliki Tana Toraja. Anda patut mencicipi Kopi Toraja yang sudah mendunia dan memiliki rasa tidak terlalu pahit. Selanjutnya, tidak lengkap rasanya apabila tidak berfoto didepan Rumah Adat Tongkonan, rumah adat suku Toraja. Rumah Adat Tongkonan adalah rumah panggung yang terbuat dari kayu dan pada bagian atapnya dibuat menyerupai tanduk kerbau. Rumah adat ini dapat digunakan sebagai tempat tinggal, upacara adat, hingga kegiatan sosial.

Itulah keduapuluh tempat wisata di Indonesia yang populer dan mendunia dan dapat menjadi referensi Anda dalam berlibur.